Skip to main content

Cara Mudah Menghafalkan Al Qur'an Seperti Ustadz Dan Syaikh Dalam 30 Hari


Cara Menghafal Al-Quran: Metode 3T+1M, Mudah dan Efektif

Ada berbagai cara menghafal al-Quran yang dapat digunakan oleh seorang Muslim dalam usahanya untuk menghafal kitab suci ini. Kali ini kita akan membahas Metode 3T+1M yang digunakan di Universitas Darussalam Gontor
Metode ini tergolong mudah dan efektif. Namun tentunya diperlukan ketekunan untuk dapat berhasil.

Fadilah Menghafal Al-Quran


Sebelum masuk ke dalam metode, sangatlah penting untuk mengetahui keutamaan dari menghafal al-Quran. Berikut di antaranya.

Al-Quran menjadi syafaat di hari kiamat

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:
ِاقْرَأُوْا القُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِيْ يَوْمَ القِيَامَةِ شَفِيْعًا لِأَصْحَابِه
Bacalah Al Qur’an, karena ia akan datang pada hari kiamat sebagai syafa’at bagi shahibul Qur’an” (HR. Muslim  804)

Mendapatkan pertolongan Allah

Allah menegaskan bahwa siapa yang menolong Allah, maka Allah akan menolongya. (Q.S. Muhammad: 7). Menghafal Al-Quran adalah salah satu bentuk menolong Allah; yaitu memperjuangankan agama Islam.

Menambah kenikmatan dalam Shalat

Seorang hafidz akan menikmati shalat yang ia lakukan, baik ia sebagai imam maupun ma’mum.

Menjadikan gaya hidup lebih Islami

Seorang hafidz selalu berinteraksi dengan al-Quran, memperbanyak shalat sunnah (terutama shalat malam) untuk mengulangi bacaan. Dengan demikian, saat ia mulai menghafal al-Quran, maka sejatinya gaya hidupnya juga telah berubah menjadi lebih Islami.

Menghafal Al-Quran itu Mudah

Yang perlu diyakini juga, sebelum memulai menghafal, bahwa menghafal al-Quran itu mudah.
Allah SWT berfirman:
وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِن مُّدَّكِرٍ
“Dan sungguh, telah Kami mudahkan Al-Qur’an untuk peringatan, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?” QS Al-Qamar: 17
Kata “liddzikri” dalam ayat diatas, selain dtafsirkan ‘untuk peringatan’, dapat juga ditafsirkan ‘untuk diingat’.

Hal yang perlu diperhatikan dalam menghafal al-Quran


Menata Niat

Niat yang tepat sangatlah penting. Adalah sebuah bencana jika kita telah menghabiskan waktu dan tenaga untuk menghafalkan al-quran, namun ternyata usaha tersebut sia-sia karena niat kita salah.
Niat yang tepat tentunya adalah ibadah lillahi taala. Jangan sampai niat kita terkotori dengan noda seperti keinginan untuk dipuji, untuk dikenal, untuk mendapat dunia dll.

Menjauhi Maksiat

Imam Syafii pernah bercerita kepada gurunya tentang susahnya menghafal. Lalu gurunya menasehatinya untuk menjauhi maksiat. Karena ilmu adalah cahaya, dan cahaya Allah tidak diberikan kepada orang yang bermaksiat.

Membangun Lingkungan Kondusif

Akan jauh lebih mudah dalam menghafal jika anda berada di lingkungan yang mendukung. Jika anda tidak memiliki, buatlah.
Bagaimana caranya?
Ajak beberapa teman anda yang sama-sama memiliki niat kuat untuk menghafal Al-Quran untuk saling mengingatkan serta saling membantu.
Dengan memahami cara menghafal al-Quran yang tepat, insyaAllah proses menghafal al-Quran akan lebih mudah

Cara Menghafal Al-Quran dengan Metode 3T+1M


Talqin atau Tasmi’

Talqin berarti seorang Ustadz membacakan al-Quran untuk kemudian diikuti oleh para muridnya.
Jika anda tidak memiliki Ustadz yang dapat membacakan kepada Anda, mendengarkan bacaan al-Quran dari rekaman juga dapat menjadi salah satu alternatif.
Meskipun alternatif tersebut tidak sebagai sebaik jika anda berhadapan dengan ustadz secara langsung. Karena jika anda berhadapan langsung dengan Ustadz, maka bacaan anda yang salah saat mengikuti bacaan, dapat langsung dikoreksi.
Adapun tasmi’ berarti seorang murid membaca al-Quran untuk didengarkan oleh ustadz.

Tafahhum

Arti dari tafahhum adalah memahami arti dari bacaan Al-Quran yang akan dihafal. Tentunya tidak semua orang harus melalui tahapan ini dalam menghafal. Yang dianjurkan untuk memahami al-Quran saat menghafal adalah mereka yang berusia remaja serta dewasa.

Tikrar

Tikrar berarti mengulang-ulangi bacaaan hingga hafal.
Caranya?
  1. Baca ayat pertama hingga 10-20 kali hingga hafal
  2. Lalu baca ayat kedua sebanyak 10-20 kali hingga hafal
  3. Baca ayat pertama + kedua sebanyak 10-20 kali hingga hafal
  4. Lalu baca ayat ketiga sebanyak 10-20 kali hingga hafal
  5. Kembali baca ayat pertama + kedua + ketiga sebanyak 10-20 kali hingga hafal
  6. Dan seterusnya

Muraja’ah

Setelah hafal, ulangi kembali bacaan tersebut. Inilah yang dimaksud dengan muraja’ah.
Muraja’ah sangat penting karena muraja’ah inilah yang akan melekatkan hafalan secara lebih kuat ke dalam benak kita.
Muraja’ah adalah sebuah kenikmatan bagi seorang hafidz karena dia akan banyak berinteraksi dengan al-Quran

Tips dalam menghafal al-Quran


Menggunakan 1 mushaf

Sangat dianjurkan untuk menggunakan 1 Mushaf yang sama selama proses menghafalkan Al-Quran. Hal ini akan sangat memudahkan dalam proses menghafal.

Mendengarkan Bacaan Qari

Membiasakan diri mendengarkan bacaan dari seorang qari dapat membantu kita dalam menambah ataupun mengulangi hafalan.
Anda dapat mendengarkan bacaan para Imam di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi dapat membantu kita memiliki makharijul huruf yang tepat. Plus, kita juga dapat membiasakan diri untuk berhenti (waqf) di titik yang tepat.
Selain itu, anda juga dapat mendengarkan qari lain yang anda sukai. Untuk memudahkan dalam hafalan, usahakan mendengarkan bacaan murattal, bukan mujawwad.
Salah satu qiraah murattal yang dapat anda dengarkan dapat ditemukan di sini

Teknologi, sarana memaksimalkan cara menghafal al-quran

Berada dalam perjalanan namun tidak membawa mushaf? Pastikan anda sudah menginstall aplikasi Al-Quran di HP. Sehingga kemanapun anda pergi, anda dapat selalu membaca ataupun mendengarkan al-Quran.

Frequently Asked Questions (FAQ)


Kapankah waktu yang terbaik untuk menambah hafalan dan murajaah?
Waktu terbaik untuk menambah hafalan adalah pada sepertiga malam terakhir dan dilanjutkan setelah shubuh hingga terbitnya matahari.
Waktu terbaik untuk murajaah adalah pada saat shalat sunnah serta setelah shalat fardhu.
Bolehkah seorang wanita yang sedang haid mengulangi hafalan?
Para ulama berbeda pendapat dalam hal seorang wanita haid membaca al-Quran ataupun mengulangi hafalan (muraja’ah) tanpa menyentuh mushaf. Sebagian ulama membolehkan, sebagian lagi tidak membolehkan. Kedua pendapat ini dapat digunakan karena keduanya memiliki dalil dan hujjahnya.

Adapun pendapat yang digunakan oleh Markaz Al-Quran UNIDA Gontor adalah Fatwa dari Markaz Al-Fatwa Qatar yang membolehkan. Wallahu a’lam bishshawaab.
Berapa halaman tambahan yang saya hafalkan setiap hari?
Tergantung dari kemampuan masing-masing. Namun yang disarankan sekitar 1/4 atau 1/3 hingga 1/2 halaman perhari untuk pemula. Adapun bagi yang sudah terbiasa, bisa 1 halaman perhari ataupun lebih.

Penutup


Semoga ulasan ringkas ini dapat membantu pembaca sekalian dalam memahami cara menghafal al-Quran dengan tepat.
Metode ini adalah metode yang dipraktekkan di Universitas Darussalam Gontor. Di Unida Gontor, mahasiswa dapat mengikuti Zona Tahfidz yang memberikan lingkungan untuk memudahkan dalam menghafal al-Quran.
Bagi para orang tua, mari ciptakan rumah kita sebagai tempat pertama untuk belajar al-Quran serta menghafalkannya.
Semoga kita semua diberi kemudahan dan keistiqamahan dalam menghafal al-Quran.
Ada pertanyaan? Silakan tuliskan di kolom komentar.
Materi ini disampaikan oleh Ustadz M. Shohibul Mujtaba, M.Ag. pada kajian Indah, Kampung Ramadhan UNIDA Gontor, dirangkum oleh Taufiq Affandi

Popular posts from this blog

Sab'aty : Imalah Pada Surat Ad Dhuha

Pada lafadz WADDHUHA, kenapa imam warosy membacanya harus imalah sughro ( WADDUHE) alasanya apa? Dalam ilmu qiraat, ada istilah yang dikenal dengan namanya Imalah. Secara bahasa imalah berasal dari kata أمال – يميل – إمالة الرمح yang berarti memiringkan atau membengkokkan (tombak). Sedangkan secara istilah imalah berarti memiringkan fathah ke arah kasrah atau memiringkan alif ke arah ya’. Imalah dibagi menjadi dua yaitu imalah Kubra (imalah asli) dan imalah sughra ( banyak dijumpai dalam kitab-kitab qiraat dengan nama imalah baina-baina, taqlil, atau imalah baina al-lafdhain). Imalah banyak ditemui pada bacaan Imam Hamzah dan al-Kisa’i, yaitu di antaranya pada Dzawat al Ya’ (kata yang terdapat alif layyinah), seperti الضحى، قلى، سجى، هدى dan dari qiraat Imam Ibn ‘Amir melalui riwayat Ibn Dzakwan pada lafazh جاء.  Selain itu juga merupakan pilihan dari qiraat nafi melalui rawinya yang bernama Warasy, hanya saja jenis imalahnya sering dikenal sebagai taqlil atau Imalah ...

Sab'aty : Makna Naql Dalam Qira'at

Makna Naql dalam Qiraat Naql (Memindah/Menggeser harakat), Secara bahasa naql berasal dari kata نقل – ينقل – نقلا berarti memindah; memindah/menggeser. Adapun secara istilah naql berarti memindahkan harakat hamzah ke huruf mati sebelumnya, dan setelah itu hamzahnya dibuang.  Sebagaimana yang banyak ditemui pada riwayat Imam Warsy, yakni setiap ada Al Ta’rif atau tanwin bertemu hamzah, contoh بالآخرة terbaca بلاخرة (bilaakhirati) dan عذاب أليم terbaca عذابنليم (‘adzaabunaliimun).  Dalam riwayat Hafsh bacaan naql hanya ada di satu tempat yaitu pada kata بئس الاسم (QS. al-Hujurat:11).  Alasan bacaan naql pada kata الاسم yaitu terdapatnya dua hamzah washal (hamzah yang tidak terbaca di tengah kalimat), yakni hamzah pada al ta’rif dan lafazh “ismu” (salah satu dari sepuluh kata benda yang tergolong hamzah washal), yang mengapit “lam” sehingga kedua hamzah tersebut tidak terbaca ketika disambung dengan kata sebelumnya. Istilah naql ini sebenarnya lebih tepat ...

Sab'aty : Istilah Tashil Dalam Qira'at Sab'ah

Istilah Tashil dalam Qiraat  Secara bahasa tashil adalah memberi kemudahan atau keringanan, sedangkan menurut istilah qiraat, tashil diartikan pengucapan hamzah, dengan bunyi antara hamzah dan huruf yang sejenis dengan harakat hamzah, seperti أأنذرتهم، أأنتم dan lain-lain. Hanya saja dalam riwayat Hafsh bacaan tashil hanya ada satu tempat yaitu أأعجمي وعربي (QS. al-Fusshilat:44).  Ketika bertemu dua hamzah qatha’ yang berurutan pada satu kata maka melafazhkan kata semacam ini bagi orang Arab terasa berat, sehingga bacaan seperti ini bisa meringankan. Dalam qiraat sab’ah, ada banyak bacaan tashil sebagaimana yang dikemukakan Imam Nasr Makky terdapat dalam enam tempat, yaitu 1. Surat al-An’am ayat 143 : آالذكرين. 2. Surat al-An’am ayat 144 : آالذكرين . 3. Surat Yunus 51 : آلآن . 4. Surat Yunus 91 : آلآن. 5. Surat Yunus 59 : آلله. 6. Surat al-Naml 59 :آلله. Naum, pada prakteknya, bacaan tashil ini merupakan satu bacaan yang hampir di amalkan oleh banyak i...