Skip to main content

Sab'aty : Polemik Fatihah Dalam Qiro'ah


Jawaban atas polemik bacaan surat al-fatihah karena disebabkan imam salat Jumat membaca pendek pada lafadz مالك, berikut ini dengan metode Sab'aty (Cara Praktis belajar Qiraat 7 cukup 7 pertemuan) semoga bermanfaat:
Bacaan Qira'at Sab'ah dalam surah al-fatihah terdapat tiga titik perbedaan, diantaranya:
1. Pada lafadz مالك yg membacanya dgn tetap مالك iaitu imam Asim dan Ali Al-Kisaie, sementara yang lainnya (Imam Nafi', Abu Amr, Ibnu Amir, Ibnu Katsir,dan Imam Hamzah) membaca dengan ملك dengan membuang alif. . Pada lafadz الرحيم مالك, imam as susi dari Abu amr membaca dgn idgham kabir dgn 3 wajah:qashar:1alif,tawassuth:2 alif dan thul:3 alif,dgn lafadz مالك-nya tetap dibaca pendek
2. Pada lafadz الصراط imam hamzah (dengan ke-2 rawinya) membaca huruf (ص) dgn ishmam sementara qunbul dari imam ibnu katsir membacanya dgn huruf sin pada lafadz (سراط)dan (السراط). Adapun lafadz صراط (dengan tanpa ال) imam kholaf membaca huruf (ص) dgn ishmam, sedangkan Imam khollad dr hamzah pada lafadz صراط tidak dibaca isymam,namun ttp dibaca dengan ص.
3. Pada lafadz عليهم imam hamzah membaca ha' nya dgn dhommah menjadi 'alaihum, sementara qolun dari imam nafi membaca mim jamaknya dengan tiga wajah iaitu: membaca mim jama' tetap dgn sukun, membaca mim jama' dgn shillah qosor: 1 alif, dan membaca mim jama' dgn shillah tawasut: 2 alif, adapun imam ibnu katsir mengikuti wajah kedua dari qolun yaitu dengan mim jamak panjangnya 1 alif.
insya allah nnt akan kami kirimkan khulasoh versi power pointnya...

Popular posts from this blog

Sab'aty : Imalah Pada Surat Ad Dhuha

Pada lafadz WADDHUHA, kenapa imam warosy membacanya harus imalah sughro ( WADDUHE) alasanya apa? Dalam ilmu qiraat, ada istilah yang dikenal dengan namanya Imalah. Secara bahasa imalah berasal dari kata أمال – يميل – إمالة الرمح yang berarti memiringkan atau membengkokkan (tombak). Sedangkan secara istilah imalah berarti memiringkan fathah ke arah kasrah atau memiringkan alif ke arah ya’. Imalah dibagi menjadi dua yaitu imalah Kubra (imalah asli) dan imalah sughra ( banyak dijumpai dalam kitab-kitab qiraat dengan nama imalah baina-baina, taqlil, atau imalah baina al-lafdhain). Imalah banyak ditemui pada bacaan Imam Hamzah dan al-Kisa’i, yaitu di antaranya pada Dzawat al Ya’ (kata yang terdapat alif layyinah), seperti الضحى، قلى، سجى، هدى dan dari qiraat Imam Ibn ‘Amir melalui riwayat Ibn Dzakwan pada lafazh جاء.  Selain itu juga merupakan pilihan dari qiraat nafi melalui rawinya yang bernama Warasy, hanya saja jenis imalahnya sering dikenal sebagai taqlil atau Imalah ...

Sab'aty : Makna Naql Dalam Qira'at

Makna Naql dalam Qiraat Naql (Memindah/Menggeser harakat), Secara bahasa naql berasal dari kata نقل – ينقل – نقلا berarti memindah; memindah/menggeser. Adapun secara istilah naql berarti memindahkan harakat hamzah ke huruf mati sebelumnya, dan setelah itu hamzahnya dibuang.  Sebagaimana yang banyak ditemui pada riwayat Imam Warsy, yakni setiap ada Al Ta’rif atau tanwin bertemu hamzah, contoh بالآخرة terbaca بلاخرة (bilaakhirati) dan عذاب أليم terbaca عذابنليم (‘adzaabunaliimun).  Dalam riwayat Hafsh bacaan naql hanya ada di satu tempat yaitu pada kata بئس الاسم (QS. al-Hujurat:11).  Alasan bacaan naql pada kata الاسم yaitu terdapatnya dua hamzah washal (hamzah yang tidak terbaca di tengah kalimat), yakni hamzah pada al ta’rif dan lafazh “ismu” (salah satu dari sepuluh kata benda yang tergolong hamzah washal), yang mengapit “lam” sehingga kedua hamzah tersebut tidak terbaca ketika disambung dengan kata sebelumnya. Istilah naql ini sebenarnya lebih tepat ...

Sab'aty : Taghlidh Al Laam (Lam Tebal) Versi Sab'aty

Taglidz Al-Laam (Lam yang dibaca tebal) versi Sab'aty Lafadzh Lam Jalalah (ALLAH), dibagi dalam 2 kategori: •Dibaca tebal/ tafhim bila lafad ALLAH-nya didahului huruf yang berharokat dhumah atau fathah •Dibaca tipis/ tarqiq bila lafad ALLAH-nya didahului huruf yang berharokat kasroh. demikian ini berlaku bagi semua imam qiraat dalam qiraat 7. namun, ada huruf Laam yang berbeda dengan 2 kategori diatas, yaitu Laam yang dibaca tebal sebagaimana bunyi tebalnya dalam lafdzul Jalalah tadi,tapi khusus dalam bacaan qiraat riwayat Warsy dari Nafi', yaitu dengan menebalkan uruf Lam yang apabila sebelumnya ada uruf Shad, Tha dan Dha ( ص , ط , ظ ) yang apabila sebelumnya ada harakat fathah atau sukun.